Lucky Charms Rainbow Blog Guru SMA Negeri 1 Sengkang: Macam-Macam Karakter Guru
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Macam-Macam Karakter Guru

Kita semua pernah atau mungkin sedang dalam masa-masa sekolah. Di tiap sekolah memiliki banyak guru dengan berbagai macam ilmu dan juga karakter yang berbeda. Ada yang menyenangkan, ada yang galak , ada juga yang sedang-sedang saja. 
Sebenarnya karakter guru itu macam-macam lho, apa saja itu ? Check It Out




1. Guru yang disiplin, tipe guru yang menerapkan kedisiplinan dalam segala hal, biasanya ada siswa yang tidak suka namun perlu di ingat ya’ disiplin itu gunanya untuk mendorong siswa untuk menjadi orang yang bertanggung jawab.
2. Guru yang cekatan, guru tipe ini umumnya aktif dan dinamis dan berusaha mengikuti keaktifan siswa demi pencapaian hal-hal positif bagi siswanya.
3. Guru yang empatik, guru yang dapat memahami siswanya baik kelebihan dan kekurangannya secara individual.
4. Guru yang gaul,  pasti guru tipe ini fansnya banyak. Kedekatan dengan siswa menjadikan ikatan tidak hanya sebagai guru tapi juga sebagai teman.
5. Guru yang optimis, guru jenis ini menganggap semua siswa itu memiliki potensi dan setiap anak adalah pribadi yang unik. Keyakinan guru bahwa interaksi yang menyenangkan dalam pembelajaran akan mampu memfasilitasi siswa untuk berubah menjadi lebih baik dan akan berdampak pada perkembangan karakter yang positif.
6. Guru yang inspiratif, guru yang dapat memfasilitasi siswa untuk menemukan hal-hal baru yang belum diketahui oleh siswa.
7. Guru yang sabar, guru tipe ini patut di acungi jempol soalnya menghadapi siswa dengan karakter yang beda itu tidak gampang lho , tapi harus di ingat kesabaran guru ada juga batasannya  kalo guru sudah cukup bersabar tapi siswa tidak mengerti juga wah’ gurunya bisa marah juga tuh’, guru juga kan’ manusia, punya perasaan.
8. Guru yang respect, guru jenis ini biasanya memberikan contoh tingkah laku yang baik di depan siswa dengan harapan siswa tersebut dapat mencontoh dan mengambil nilai-nilai positif dari tingkah laku guru tersebut
9. Guru yang adil, guru tipe ini tidak membedakan, semua siswa di anggap sama tidak ada istilah ‘anak emas’ ,pemberian nilai juga di berikan sesuai dengan kemampuan siswa.
10. Guru yang suka humor, guru tipe ini sudah pasti banyak siswa yang suka. Humor-humor yang selalu dilontarkan dalam proses pembelajaran akan berguna untuk menyegarkan suasana dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
11. Guru yang responsif,  guru tipe ini lebih up to date dengan hal2 yang baru untuk menunjang pembelajaran, misalnya facebook, twitter, blog dan sebagainya.
12. Guru yang bersemangat, guru ini penuh semangat 45' ketika mengajar.
13. Guru yang komunikatif, guru yang pintar mengatur komunikasi yang baik dengan siswa.
14. Guru yang pemaaf, sudah pasti guru yang selalu memaafkan kesalahan siswa apapun   bentuknya, dengan harapan siswa dapat menarik hikmahnya.

Nah, yang mana karakter guru yang kalian sukai  ? Silakan pilih guru favorit kalian di sekolah . Kalau ada yang mau nambahin ya’ tidak masalah , komentar saja, okey !  

4 komentar :

  1. Kalau saya suka guru yang bersemangat bu' supaya saya semangat juga belajarnya .

    BalasHapus
  2. saya tertarik dengan guru yang responsif,siswa jadi termotivasi untuk lebih memperbanyak pengetahuan.

    BalasHapus
  3. saya malah tertarik dengan guru inspiratif ,,,

    BalasHapus

KOMENTAR TERKINI

Pengikut

The Republic of Indonesia Blogger