Lucky Charms Rainbow Blog Guru SMA Negeri 1 Sengkang: Arti Ganbatte , Man Jadda Wa Jadda dan Caiyoo ??
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Arti Ganbatte , Man Jadda Wa Jadda dan Caiyoo ??

Akhir-akhir ini istilah Ganbatte sering terdengar baik melalui iklan produk minuman yang sering muncul di TV maupun ucapan langsung melalui teman , begitu juga dengan istilah Man Jadda Wa Jadda  ,pertama kali dengar kalimat ini waktu mengajar di SMA Immim Putra Makassar ,pernah bertanya sama santri disana tapi lupa lagi artinya , hehehe..  sedangkan istilah Caiyoo  , pernah dikirimkan sama teman lewat sms dan Whataps, Well’.. apa arti istilah-istilah ini, berikut penjelasannya.


Ganbatte, berasal dari kata : GANBARU yang artinya : BERUSAHA
GANBATTE merupakan kependekan dari “GANBATTE KUDASAI”, yang artinya BERUSAHALAH/BERSEMANGATLAH ! 

Kata GANBATTE merupakan kata yang sering diucapkan oleh guru sekolah Jepang saat akhir pelajaran. Mereka mengucapkannya untuk menyemangati para siswa untuk tetap belajar dan pantang menyerah,. Ganbatte yang dalam bahasa Inggrisnya adalah Never Give up mempunyai makna yang sangat dalam. Semangat merupakan gambaran manusia masih memiliki harapan hidup, harapan untuk berjuang dan semangat dalam kesehariannya. 

 MAN JADDA WA JADDA, berarti “Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan berhasil” Ini sejenis pepatah bahasa Arab tetapi mengandung makna yang dalam Kita akan mendapatkan yang kita mau jika kita bersemangat mengerjakan sesuatu dan selalu bersungguh-sungguh .

Jadi kata kunci dalam pepatah ini ialah JADDA atau bersungguh-sungguh. Jadi, sejauh mana Anda sudah mengaplikasikan pepatah ini ialah sejauh mana Anda bersungguh-sungguh. 

Caiyoo, berasal dari bahasa mandarin, Jia You yang memiliki arti : AYO SEMANGAT !
 Kalimatnya sederhana  tapi memberikan arti yang lebih bagi siapapun.

Inti dari ketiga istilah di atas adalah bagaimana kita berusaha dan semangat dalam melakukan sesuatu karna jika kita bersungguh- sungguh Insya Allah apa yang kita impikan akan tercapai . Amin.

Semoga Bermanfaat !

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

KOMENTAR TERKINI

Pengikut

The Republic of Indonesia Blogger